Kamis, 11 November 2010

Belajar Mengolah Daging Unggas
Di Dapur Tristar Culinary Institute





Ingin jadi chef/koki handal? Pahami dulu sifat bahan yang Anda masak. Dalam kelas kuliner kali ini, Selasa (09/11), sebanyak 25 mahasiswa, diajarkan bagaimana mengenal komposisi daging unggas. Pengetahuan ini menjadi penting, karena berhubungan dengan pemilihan bagian daging hewan yang nanti disesuaikan dengan metode memasaknya.





Ensalada de Nacho



Chef Yanuar Kadaryanto, selaku pengajar mengatakan, pada dasarnya daging dibedakan karakternya menjadi dua, yakni daging dengan karakter alot dan daging dengan karaktor empuk. Dua karakter daging ini berhubungan dengan jaringan pengikat yang ada dalam daging. Semakin banyak jumlah jaringan pengikat pada daging hewan, maka pasti karakter dagingnya lebih alot. Daging-daging dengan karakter ini, biasanya ditemui pada bagian tubuh hewan yang banyak bergerak/pada hewan tua.

Berbeda karakter, tentu berbeda dalam perlakuannya. Untuk daging dengan karakter alot, Chef Yanuar mengatakan, harus dimasak dalam waktu lama dengan api kecil, dan menggunakan cairan. Karena itu, daging dengan karakter ini lebih cocok diperuntukkan bagi masakan-masakan berkuah, seperti rawon atau sup. Sedangkan untuk daging dengan karakter empuk, lebih cocok dimasak untuk jenis masakan kering, seperti sate atau steak.

Lebih lanjut, Chef Yanuar menjelaskan, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daging menjadi empuk, yakni berdasarkan metode memasak (seperti dijelaskan sebelumnya), secara mekanik, dan secara kimiawi. Cara mekanik adalah dengan memotong daging menjadi bagian-bagian kecil, agar daging cepat masak dan empuk. Sedangkan secara kimiawi, dapat ditambahkan enzim pada daging sebelum diolah, atau dengan disuntikkan pada hewan, sebelum dipotong. Enzim ini secara alami dapat diperoleh dari ekstrak daun pepaya, yang disebut enzim papain.


Mandiri : Mahasiswa Tristar menyiapkan
media memasaknya



Para mahasiswa mencicipi hasil masakannya

Selain mendapatkan penjelasan mengenai cara mengolah daging unggas, para mahasiswa yang telah dipecah kedalam 4 kelompok, juga diajak untuk mempraktikkan langsung ilmu yang didapat. Ada 4 menu yang wajib diolah kali ini, diantaranya Ensalada de Nacho (salad buah), Grilled Tuna w/Pineapple Sc (tuna panggang dengan potongan nanas), Stir Fry Pork and Pear, dan Pastel de Pasa y Nuez (sejenis cake).

Meski terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, para mahasiswa masih dapat saling belajar dari kelompok lainnya. Selain itu, mereka juga dapat mencicipi sendiri masakan yang telah dibuat, sehingga bisa sekaligus mencermati rasa makanan. Para mahasiswa juga nampaknya telah cukup lihai soal penataan makanan. Tengoklah makanan-makanan dengan gaya cantik yang disajikan berikut ini.fil



Ensalada de Nacho


Grilled Tuna w/Pineapple Sc


Pastel de Pasa y Nuez


Stir Fry Pork and Pear

Tidak ada komentar:

Posting Komentar